energy feedback


Kita mulai dari salah satu kata-kata bijak Pak Mario Teguh, “Orang yang hari ini bekerja lebih banyak daripada upah yang diterimanya, suatu saat akan bekerja lebih sedikit daripada upah yang diterimanya.”Di sini kita bisa melihat adanya suatu balikan (feedback) yang suatu saat akan semakin membesar kembali kepada seseorang. Misalkan seseorang yang dibayar untuk 8 jam, ternyata dia bekerja lebih dari 8 jam dengan bayaran yang sama, akan mendapatkan “bonus” di masa yang akan datang, dan bonus itu bukan dari sang owner tempatnya bekerja tapi bisa langsung dari Yang Maha Kuasa.

Seperti misalnya Bill Gates yang di awal-awal masa perintisan perusahaannya harus sampai menginap di kantornya sendiri. Ada lagi Li Ka Shing , orang terkaya di Asia Timur yang di masa mudanya menjadi salesman hardware, ketika orang lain bekerja selama 8 jam sehari, ia bekerja 16 jam sehari. Mereka berdua bisa disebut sebagai orang-orang kaya masa modern ini dan bisa jadi contoh bagus supaya kita tidak takut untuk bekerja lebih banyak.

Kadang yang jadi pertanyaan adalah, kenapa di sekitar kita banyak pedagang kecil yang seumur hidup hanya jadi pedagang kecil? Saya punya langganan tukang tempe yang bertahun-tahun sampai sekarang masih saja jadi tukang tempe kecil. Atau ada sopir angkot yang dari dulu sampai sekarang tetap jadi sopir angkot, meskipun saya juga kenal ada sopir angkot yang bisa berkembang menjadi lebih sejahtera, tidak menjadi sopir angkot lagi.

Berikut ini adalah beberapa hipotesa yang belum saya uji secara empiris, tapi bisa menjadi bahan pertimbangan juga.

Usaha, seperti halnya potensi dalam manusia bisa kita bagi menjadi 4 bagian:

  • Mind
  • Body
  • Soul /Spiritual
  • Social

Seorang kuli bangunan mungkin bekerja dengan keras lebih dari 8 jam per hari, tapi itu hanya memperkuat sisi Body saja, jika ingin berkembang lebih banyak lagi mesti memperkuat dari sisi mind (menambah ilmu), spiritual (memperbanyak ibadah), social (memperbanyak bersilaturahmi, membantu orang lain).

Jadi, jangan takut kalau saat ini kita bekerja lebih banyak dibandingkan teman sekantor, meskipun saat ini mendapatkan gaji yang sama. Suatu saat dengan pengembangan 4 sisi (mind, body, soul, social), akan muncul juga energy feedback yang jauh lebih besar daripada yang saat ini kita berikan. Allah SWT Maha Adil, tidak lupa dan tidak tidur.

Perihal

Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

Ditulis dalam Artikel, bisnis dan keuangan, Inspiratif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: