Grub rescue problem di dual OS Windows XP – Ubuntu


Saya sebelumnya menggunakan dua OS utk PC, yang pertama adalah Linux Ubuntu 10.10 dan yang kedua adalah windows XP.

Suatu hari Linux Ubuntu gagal booting, ada problem di grubnya. Akhirnya diputuskan untuk membuat satu OS aja, yaitu Windows XP saja yang dipertahankan, karena selama ini Linuxnya juga cuma dipakai utk internetan aja. Swap dan partisi linuxnya kemudian saya hapus menggunakan partition magic. Nah, disinilah awal dari masalahnya, ketika restart, PC ngga bisa booting, yang keluar cuma layar hitam dengan tulisan GRUB loading.
error: no such partition grub rescue>

Browsing dan searching mengenai problem ini, ada solusi yang akhirnya berhasil, yaitu dengan memasukan kembali CD XP, kemudian pilih option Repair Windows with Recovery Console. Log in sebagai administrator. Setelah logged in, ketik fixmbr trus tekan Enter.

Setelah tekan Enter akan ada warning seperti ini.

Saya ketik Y, tekan Enter, dan selesai. Setelah restart, windowsnya normal kembali. Problem solved, Alhamdulillah.

Note:
– Saya butuh waktu 8 jam untuk memutuskan langkah yang tepat dari berbagai informasi yang ada
– Sebelum Fixmbr Saya melakukan backup data-data yang penting dengan menggunakan live CD Ubuntu, dicopy ke laptop dengan bantuan flashdisk. Hal ini untuk berjaga-jaga dari kemungkinan terburuk. Lumayan lama juga, karena data yang dibackup mencapai lebih dari 20GB.
– Sekarang saya ngga mau lagi pake dual OS, mendingan pilih linux aja atau windows aja.

Perihal

Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

Tagged with: , ,
Ditulis dalam Artikel, Information Technology, My Notes
4 comments on “Grub rescue problem di dual OS Windows XP – Ubuntu
  1. insan mengatakan:

    mas kalau windows 7 gmn?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: