Kursus “sepertinya” lebih efektif.


Setelah beberapa lama tidak menulis di sini. Ada satu sisi pemikiran saya yang masih menggelayut dari SMA hingga saat ini, yaitu mengenai problem pendidikan di Indonesia.

Ada anak kelas 1 SMA yang tidak bisa melakukan penjumlahan pecahan. Ada juga kisah anak kelas 2 SMA yang tidak menguasai perkalian, dan ada beberapa kisah lainnya mengenai siswa yang belum menguasai keterampilan matematika. Saya juga menemukan di kalangan siswa SMA yang merasa ada beberapa pelajaran yang tidak diperlukan untuk karirnya nanti sehingga menyepelekan pelajaran tersebut.

Di sisi lain, pemerintah seluruh dunia (tidak hanya Indonesia) terus berjuang memerangi kemiskinan dan pengangguran. Problem link and match yang dari dulu belum kunjung terjawab oleh sistem pendidikan saat ini. Seperti ada istilah, “sekolah tinggi-tinggi tapi harus jadi pengangguran, itu untuk apa?”.

Saya menduga kursus sepertinya lebih efektif dibandingan sekolah formal untuk menjawab persoalan-persoalan di atas. Gelar sarjana pun hanyalah selembar kertas jika tidak bermanfaat bagi masyarakat.

Perihal

Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

Tagged with:
Ditulis dalam Artikel Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: